Tips Cerdas untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Dipublikasikan oleh caraherbalku pada

Tips Cerdas untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan – Hari hujan menyenangkan dan Anda tidak perlu menunggu Desember untuk itu. Namun perlu Anda ingat, hujan tanpa membuat tubuh Anda bugar bisa menyebabkan penyakit yang akan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Anda tidak akan ingin terkena sesuatu seperti itu, terutama jika Anda adalah anak asrama tunggal. Karena itu, Anda perlu mengikuti tips sederhana ini agar Menjaga Kesehatan agar tetap sehat meski hujan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak terus ulasan di bawah ini:

1. Tetap Terlindungi

Pernahkah Anda bertanya mengapa banyak orang mengalami demam ketika mereka basah karena hujan? Menurut para ilmuwan, pendinginan tubuh, terutama kaki, dapat menyebabkan seseorang terkena gejala demam karena orang tersebut telah terkena demam virus.

Secara teori, tubuh menahan aliran darah untuk menjaga kehangatan tubuh, menyebabkan pilek yang sangat disukai oleh demam virus. Karena itu, gunakan pelindung jenis jas hujan agar tubuh Anda tidak basah dari hujan.

2. Ambil Asupan Vitamin C

Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan diri terhadap virus. Masih ada banyak perdebatan tentang apakah vitamin C adalah obat untuk demam, tetapi tidak ada salahnya mengonsumsinya karena dapat membantu kinerja antibodi. Cobalah memasukkan lada merah dan hijau, pepaya, dan nanas dalam menu harian Anda untuk menambah asupan vitamin C.

3. Mandi

Terlihat sebaliknya, kan? Mengapa Anda harus mandi jika basah? Itu karena mandi, terutama menggunakan air hangat setelah hujan, meningkatkan suhu tubuh Anda. Di sisi lain, mandi juga membersihkan Anda dari kuman yang menempel pada tubuh dan melindungi Anda dari infeksi. Jika Anda tidak ingin mandi, setidaknya cobalah merendam kaki Anda dengan air hangat.

Apa Akibatnya Jika Kita Tidak Menjaga Kesehatan di Musim Hujan?

4. Makan Sup Panas

Tidak salah minum minuman panas di musim hujan mengingat udaranya yang cukup dingin. Anda bisa mencoba teh hijau atau cokelat panas sebagai menu. Semangkuk sup panas juga baik untuk tubuh Anda. Ini dapat mencegah demam atau infeksi akibat perubahan suhu yang terjadi di tubuh Anda.

5. Menjaga Kebersihan dan Kerapian

Mungkin ini tampaknya tidak penting, tetapi menjaga kebersihan membuat Anda tetap higienis. Ingatlah bahwa kuman menyebar di tempat-tempat kotor, jadi menjaga kebersihan telah mencegah Anda dari kuman ini. Selain itu, ruangan yang rapi dapat membuat Anda beristirahat dengan lebih nyaman.

6. Minum Banyak Air

Jangan pernah menunggu haus sebelum minum air putih. Haus adalah tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Tetap terhidrasi bahkan dalam kondisi suhu rendah membuat Anda mengeluarkan racun di luar tubuh Anda melalui lepuh yang Anda buang.

7. Perhatikan Apa yang Anda Makan

Menjaga nutrisi adalah hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan. Masak makanan rumah lebih sering daripada camilan luar. Yaitu menjaga kebersihan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda sehingga tidak ada kuman yang ikut.

8. Mengkonsumsi Gula Jawa Secara Rutin

Gula Jawa mengandung nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yang terdiri dari vitamin, protein, lemak, zat besi, seng, dan lainnya. Nutrisi ini juga baik untuk menghangatkan suhu tubuh, meningkatkan daya pikir, dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Jadi, itu bisa menjadi senjata yang efektif untuk menghadapi serangan penyakit di musim hujan.

Selain itu, para ahli mengatakan, gula merah juga dapat menyehatkan paru-paru dan mengurangi risiko nyeri sendi atau nyeri selama musim hujan. Nutrisi yang terkandung di sini juga dapat mengatasi dan mencegah risiko flu, batuk, pilek, pusing, mual, dan hipotermia.

Adakah Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan?

Meski begitu, gula merah tidak bisa dikonsumsi berlebihan. Jika Anda mengkonsumsinya secara langsung, dapat diizinkan sekitar 5-7 gram per pengiriman. Atau campur dengan bahan herbal lain seperti teh, kunyit, jahe dan kopi.

9. Menjaga Pola Makan

Pemenuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat secara teratur, yaitu dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Intensitas makan setiap kali makan juga perlu diperhatikan, mulai dari makan, makan siang, dan makan malam. Dari total waktu makan, sarapan adalah prioritas.

Kementerian Kesehatan, dikutip dari Liputan6.com, menyatakan bahwa kegiatan makan dan minum dari sembilan kali makan penting untuk memenuhi 15-30 persen dari kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi probiotik. Ini karena probiotik membantu sistem pencernaan tetap dan menghindari infeksi seperti flu dan diare. Beberapa makanan probiotik adalah yogurt, tahu, tempe, dan acar.

10. Kenakan Pakaian Tebal dan Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Seperti yang diyakini, untuk menghindari potensi dingin atau hipotermia. Anda bisa mengatasinya dengan mengenakan pakaian tebal dan makan makanan hangat dan minuman. Selain membuat tubuh nyaman, suhu tubuh akan tetap tenang. Masakan seperti sup ayam dapat menjadi obat yang efisien dan efektif untuk melawan pilek.

Ini disetujui oleh spesialis paru dari Fakultas Kedokteran UCLA yang menyatakan, obat flu yang mengandung asetilsistein dan ini dapat ditemukan dalam sup ayam. Setelah mengonsumsi ayam, lendir di paru-paru akan berkurang, sehingga pernapasan Anda akan lebih lancar.

Baca juga tentang:

11. Kurangi Tinggal Terlambat

Begadang adalah salah satu tantangan yang paling sulit. Banyak faktor yang membuat begadang sulit dilakukan tidak dilakukan untuk siswa. Karena tugas, tenggat waktu, kesal. Tetapi selama musim hujan, kebiasaan buruk seperti itu harus dihadapi. Di tengah cuaca yang tidak terduga, tubuh bekerja lebih keras untuk melawan penyakit, jadi biarkan tubuh puas setiap malam. Tidur juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apakah Ada Cara Lainnya untuk Menjaga Kesehatan  di Musim Hujan Lainnya?

12. Pastikan untuk selalu higienis

Di musim hujan, kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih bebas karena kelembabannya yang tinggi. Tangan adalah media yang paling umum untuk masuknya kuman dan bakteri dalam tubuh. Selain itu, tanpa disadari, smartphone yang kita gunakan setiap saat menjadi media termudah untuk masuknya kuman dan bakteri dalam tubuh.

Untuk alasan ini, bagi Anda untuk selalu menjaga tangan Anda dengan selalu terbiasa dengan tangan Anda setiap kali Anda tiba di rumah, setiap kali Anda memeriksa barang / benda, sebelum dan sesudah makan, dan setiap kali toilet Mencuci tangan Anda dengan air sendiri saja tidak cukup, jadi cuci tangan Anda menggunakan disintektan sehingga bakteri yang ada di tangan Anda bisa ditumpahkan.

Ada banyak lagi tips yang bisa ditulis tentang Menjaga Kesehatan di musim hujan, tetapi itu tidak akan selesai jika dituliskan semua. Lagi pula, hanya menerima tujuh tips di atas sudah cukup untuk menjamin kesehatan Anda.

Kategori: Uncategorized

caraherbalku

Sehatnya.net merupakan situs yang mengulas tentang informasi kesehatan baik memberikan tips dan cara aman untuk kesehatan dari bahan herbal alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *