6 Pantangan Buah Ibu Hamil dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh caraherbalku pada

Pantangan Buah Ibu Hamil dan Penyebabnya

Pantangan Buah Ibu Hamil dan Penyebabnya

Pantangan Buah Ibu Hamil dan Penyebabnya

Kehamilan merupakan hal yang paling diimpikan oleh sebuah pernikahan. Dengan hadirnya sang buah hati, keluarga akan semakin hidup dan bahagia. Namun, perlu anda ketahui bahwa selama masa kehamilan, terdapat pantangan yang harus dipatuhi, khususnya dalam mengkonsumsi buah. Pantangan buah ibu hamil ini mempunyai sebab akibatnya, baik bagi sang ibu maupun bagi sang buah hati. Maka, anda harus mengetahui buah apa saja yang tidak diperbolehkan dikonsumsi.

 

Buah memang bagus untuk ibu hamil. Karena mengandung vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Namun, terdapat juga buah yang justru akan menyebabkan masalah bagi kandungan. Buah tersebut mempunyai kandungan yang dapat membahayakan sang bayi. Buah yang dilarang untuk dikonsumsi ini cenderung buah yang masih muda serta mempunyai rasa, bau yang sangat khas atau menyengat.

 

Pantangan Buah Ibu Hamil dan Penyebabnya

  1. Buah Nanas Muda

Buah nanas yang masih muda dapat memicu terjadinya keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah nanas muda mengandung enzim bromelain yang dapat membuah leher rahim berubah menjadi lunak sehingga dapat memicu terjadinya persalinan dini. Dalam sebuah penelitian terhadap bahaya buah nanas ini terbukti bahwa buah nanas dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil.

 

  1. Buah Anggur

Buah anggur mengandung gula yang sangat mudah terfermentasi di dalam lambung. Sehingga dapat berubah menjadi alkohol. Efek alkohol itulah yang berbahay bagi ibu hamil. Alkohol dapat membuat suhu pada rahim meningkat sehingga dapat menghambat pertumbuhan janin. Meskipun buah anggur mempunyai banyak vitamin, namun buah ini tidak baik dikonsumsi ketika masa kehamilan.

 

  1. Buah Pepaya Muda

Buah pepaya sebenarnya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, jika buah pepaya muda justru sebaliknya. Pepaya yang masih muda mengandung lateks dengan jumlah besar sehingga dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim, dan mengakibatkan bayi lahir dengan prematur. Oleh karena itu, buah pepaya muda menjadi pantangan buah ibu hamil yang harus anda patuhi.

 

  1. Buah Durian

Buah durian mempunyai aroma yang sangat menyengat. Buah durian juga dapat menyebabkan perut kembung dan mengandung 2 zat yang berbahaya bagi kehamilan, yaitu alkohol dan asam arachidonat. Kedua zat ini tidak baik untuk pertumbuhan sang buah hati. Ditambah lagi dengan rasa dan bau durian yang sangat menyengat.

 

Alkohol dapat menyebabkan bayi lahir dengan keadaan prematur, sedangkan asam archidonat dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, sehingga mengakibatkan keguguran. Selain itu dapat menyebabkan darah tinggi pada ibu hamil yang dapat membahayakan sang ibu dan juga bayi yang dikandungnya.

 

  1. Petai

Ibu hamil juga mempunyai pantangan untuk tidak mengkonsumsi petai dan jengkol. Petai dapat menyebabkan asupan nutrisi pada sang buah hati menjadi terhambat. Serta dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih cepat yang dapat mengakibatkan sang ibu menjadi lebih cepat merasa lelah. Biasanya kedua buah ini sering dijadikan lalapan, oleh karena itu, anda dapat menggantinya dengan sayur atau buah lain yang tidak berbahaya.

 

  1. Buah Nangka

Buah nangka atau cempedak tidak boleg dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena dapat menimbulkan efek samping. Efek samping buah nangka dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, dapat meningkatkan suhu pada janin sehingga mengakibatkan kontrkasi  dini yang dapat mengakibatkan bayi lahir dengan prematur atau bahkan dapat menyebabkan keguguran. Karenanya, pada saat masa kehamilan tidak boleh sembarangan makan buah.

Sumber: obat penggugur kandungan


caraherbalku

Sehatnya.net merupakan situs yang mengulas tentang informasi kesehatan baik memberikan tips dan cara aman untuk kesehatan dari bahan herbal alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *