6 Manfaat Susu Kambing yang Lebih Bermanfaat Dibandingkan Susu Sapi

 

Manfaat susu kambing – Susu kambing merupakan susu yanh dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan. Sama dengan ASI, susu kambing akan menghasilkan susu kolestrum yang memiliki kandungan zat gizi tinggi, pada waktu 1-3 hari setelah melahirkan. Di Indonesia, susu kambing masih belum populer, seperti susu sapi dan susu kedelai. Tetapi anda harus tahu, bahwa susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang banyak, seperti Vitamin A, B, B2, C ,D, laktosa, nitrogen, zat besi, fosfor, dan protein.

Oleh karena itu susu kambing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Berikut manfaat kesehatan yang bisa anda rasakan, setelah konsumsi susu kambing :

Manfaat Susu Kambing untuk KesehatanKhasiat-susu-kambing-etawa-bagi-kesehatan-dan-penyembuhan-usahaternak.jpg

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat susu kambing yang pertama adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang tidak lancar, bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit, seperti wasir, konstipasi, sembelit, dan penyakit pencernaan lainnya. Dengan mengkonsumsi susu kambing secara teratur, maka sistem pencernaan anda akan lancar dan menjauhkan munculnya berbagai penyakit pada sistem pencernaan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Melakukan program diet untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bentuk ideal, anda diharuskan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Salah satu minuman yang bersifat demikian, adalah susu kambing. Kandungan protein pada susu kambing yang tinggi, merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi ketika diet. Susu kambing bisa anda minum setelah makan, maka secara otomatis proses pembakaran lemak anda akan cepat. Sehingga berat badan bisa turun dan menghasilkan tubuh yang sehat dan berbentuk ideal.

  1. Menguatkan Tulang

Manfaat susu kambing berikutnya adalah untuk menjaga tulang agar tetap kuat, dan membangkitkan kemabli tubuh yang letih. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, seperti Kalsium dan Vitamin B2 menjadikan susu kambing minuman yang pas dikonsumsi untuk menjaga kekuatan tulang, agar tidak mudah terserang penyakit osteoporosi atau pengeroposan tulang. Dan membuat tubuh yang semula letih dan lesu, menjadi semangat kembali.

  1. Obat Penyakit Anemia

Mengalami penyakit anemia defisiensi zat besi, merupakan penyakit kekurangan darah dalam tubuh yang diakibatkan kekurangan zat besi. Salah satu obat alami untuk mengatasi penyakit ini, adalah dengan mengkonsumsi susu kambing secara teratur. Karena susu kambing mampu meningkatkan penggunaan zat besi oleh tubuh, dan bisa meningkatkan perangsangan pembaruan hemoglobin.

  1. Mengandung Asam Lemak Baik

Manfaat susu kambing  apabila dikonsumsi oleh tubuh, karena susu kambing mengandung lemak yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol total dan menjaga kadar trigliserida. Hal ini menjadikan susu kambing baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Pada dasarnya susu kambing mengandung asam lemak esensial, seperti linoleat dan arakidonat yang lebih banyak daripada susu sapi. Asam lemak adalah sumber energi yang mudah dibakar, sehingga tidak disimpan didalam tubuh sebagai lemak.

  1. Sebagai Probiotik

Susu kambing mengandung oligosaccharides atau senyawa yang mengandung gula sederhana lebih banyak. Oligosaccarides pada susu kambing memiliki komposisi yang sama dengan yang terkandung dalam ASI, sehingga memiliki peran sebagai probiotik pada tubuh kita. Senyawa ini mampu membersihkan usus besar dari sisa makanan, sehingga tidak menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan.

Nah itulah beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan, yang bisa anda coba rasakan. Selamat mencoba, semoga anda memperoleh hasil yang sesuai dengan target anda. Karena sehat itu menyenangkan dan mengasyikkan. Ayo bersehat ria.