9 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut, dan Kulit Yang Wajib Dicoba

 

Manfaat daun pepaya – Daun pepaya berasal dari pohon pepaya, memiliki bentuk yang simetris apabila bagian atas dilipat. Daun ini memiliki cita rasa yang pahit, tetapi jika direbus agak lama maka zat pembuat rasa pahit itu akan hilang. Selain enak dijadikan lalapan, daun pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki kandungan nutrisi, seperti protein, Viitamin A, kalsium, dan nutrisi lainnya. Berikut manfaat yang anda peroleh dengan mengkonsumsi daun pepaya :

Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya Untuk KesehatanKhasiat Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan ASI & Kulit

  1. Penghambat Tumbuhnya Bakteri

Daun pepaya mengandung sekitar 50 zat aktif, seperti senyawa karpain. Senyawa ini berguna untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, dan lainnya. Oleh sebab itu manfaat daun pepaya lainnya adalah sebagai penghilang cacing di usus, karena mengandung tanin. Zat ini merupakan pelindung usus dari infeksi ulang yang terjadi di dinding usus, sehingga cacing tidak menempel lagi. Anda bisa membuat daun ini sebagai jus yang enak, agar penyakit tipus tidak menyerang anda.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain sebagai penghambat tumbuhnya bakteri, manfaat daun pepaya lainnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Karena di dalam daun ini mengandung sekitar 50 zat aktif, seperti Vitamin A, C dan E yang berguna untuk sistem imunitas tubuh. Anda bisa membuat jus daun pepaya, meminum jus ini mampu melawan bakteri penyebab flu biasa.

  1. Meningkatkan Trombosit

Berdasarkan hasil penelitian seluruh dunia, menyatakan bahwa daun pepaya pahit bisa membantu anda meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh secara cepat. Terutama bagi anda yang sedang kemoterapi, demam berdarah, kekurangan vitamin, dan lain-lain.

  1. Anti Malaria

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah sebagai anti malaria. Hampir seluruh penjuru dunia meminum jus daun pepaya sebagai profilaksi. Ini bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit malaria di endemis tertentu.

  1. Pengurang Nyeri Saat Haid

Sejak dahulu banyak wanita yang ketika haid dan merasakan nyeri, sering memanfaatkan daun pepaya sebagai penawarnya. Meminum air rebusan daun pepaya, ketika haid bisa mengurangi rasa nyeri yang menyiksa. Cara membuatnya mudah, rebus beberapa daun pepaya. Tambahkan sedikit asam dan garam, dan air lalu didihkan. Selanjutnya minumlah ketika anda sedang haid.

  1. Sifat Anti Kanker

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang berguna untuk melawan kanker dari berbagai tumor, seperti kanker payudara kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker leher rahim tanpa menimbulkan efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat daun pepaya direkomendasikan saat melakukan kemoterapi, daun pepaya mampu meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

  1. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat

Daun pepaya juga memiliki manfaat untuk membantu anda yang sedang mengalami pembesaran prostat jinak. Selain itu juga bisa mengurangi berbagai masalah akibat pembesaran prostat, seperti masalah lesi dubur.

  1. Penghilang Ketombe

Ekstrak daun pepaya merupakan bahan utama yang dipakai dalam pembuatan shampoo anti ketombe, yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Karena didalam daun pepaya terdapat senyawa karpain, yang memiliki fungsi sebagai penghilang kotoran, minyak, serta bahan kimia rambut tanpa memiliki efek samping.

  1. Pembersih Kulit

Kandungan senyawa karpain didalam daun pepaya, yang mampu menghambat tumbuhnya mikoorganisme seperti jamur dan bakteri. Sehingga bisa membuat kulit bebas dari jerawat, bintik-bintik hitam, dan lainnya.

Baca Juga 7 Manfaat Susu Kedelai Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Nah itulah 9 manfaat daun pepaya yang bisa anda coba, untuk kesehatan tubuh,kulit, dan rambut anda. Silahkan mencoba, semoga anda memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Karena memiliki tubuh sehat itu menyenangkan, dan mengasyikkan. Ayo bersehat ria.