Cara Mengatasi Telat Haid 1 Minggu Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Dipublikasikan oleh caraherbalku pada

cara mengatasi telat haid 1 minggu
cara mengatasi telat haid 1 minggu

cara melancarkan haid

Cara Mengatasi Telat Haid 1 Minggu Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Pada umumnya wanita yang normal akan memiliki siklus haid berkisar antara 28- 35 hari untuk setiap bulannya. Namun tidak sedikit wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur, kadang mengalami telat 1 minggu, 2 minggu bahkan sampai dengan berbulan- bulan. Dengan masalah yang dialami, banyak wanita yang mencari cara mengatasi telat haid 1 minggu yang aman dan tidak memiliki efek samping.

Penyebab utama menstruasi yang tidak teratur yaitu ketikan wanita tersebut mengalami stress yang berlebihan. Hal itu di alami oleh para remaja hingga wanita dewasa, bahkan seorang atlit yang melakukan aktifitas fisik terlalu berat juga akan mengalami gangguan pada siklus haid nya. Meskipun haid bari telat satu minggu, namun hal itu akan menjadi tidak nyaman pada wanita.

Cara Mengatasi Telat Haid 1 Minggu Secara Alami 

Menstruasi yang tidak teratur memang menjadi masalah penting bagi wanita yang harus dicari solusinya. Meskipun sepertinya masalah sepele, namun jika tidak ditangani dapat menjadi suatu hal yang berbahaya. Karena tanpa Anda ketahui, telat haid tersebut karena suatu penyakit tertentu. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur:

  1. Berendam menggunakan garam Epsom

Garam Epsom dapat digunakan sebagai cara mengatasi telat haid 1 minggu yang terbukti ampuh. Terkadang seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar karena disebabkan stress. Sehingga menyebabkan hormone yang ada didalam tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita remaja hingga dewasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan garam Epsom untuk mandi atau berendam. Garam Epsom dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks dan hormon yang ada di dalam tubuh menjadi normal kembali.

  1. Hindari minuman yang mengandung kafein

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein. Sebagian orang beranggapan dengan mengkonsumsi kopi dapat menenangkan pikiran yang sedang penat. Ternyata hal itu tidak benar, bahkan dapat memberikan efek buruk khususnya pada wanita yang sedang mengalami telat menstruasi. Karena mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan hormone didalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Dengan mengkonsumsi kopi, maka tingkat stress akan semakin meningkat dan akan mengganggu kesehatan Anda. Jika sudah seperti itu, sebaiknya Anda segera berhenti mengkonsumsi kopi dan menggantikannya dengan mengkonsumsi jus buah-buahan, sayuran segar dan konsumsi air putih yang cukup.Sehingga kebutuhan nutrisi tubuh Anda dapat ter’cukupi dan siklus haid menjadi teratur kembali.

  1. Menjaga Pola Tidur

Cara mengatasi telat haid 1 minggu berikutnya yaitu dengan menjaga pola tidur yang cukup. Wanita yang memiliki waktu tidur tidak maksimal, maka akan mengalami peningkatan hormone stress. Jika hal itu berlanjut dapat menyebabkan masalah menstruasi menjadi tidak lancar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda harus mengatur pola tidur dengan lebih baik.

Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka Anda harus pergi tidur dan bangun tidur tepat waktu. Misalnya Anda membiasakan dengan pergi tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi, maka lakukan rutinitas tersebut secara terus menerus agar Anda memiliki pola tidur yang baik. Jika hal itu sudah menjadi kebiasaan maka akan berpengaruh positif pada siklus menstruasi menjadi teratur.

Waktu tidur malam yang standar yaitu 7-8 jam untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Jika seseorang kurang mendapatkan waktu istirahat, maka akan berpengaruh pada kesehatannya mulai dari mengantuk pada siang hari atau kurang bersemangat dalam beraktivitas.

  1. Konsumsi jus wortel

Ketika Anda mengalami stress, maka hormone didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi hormone yang tidak seimbang, Anda dapat mengkonsumsi jus wortel secara rutin. Di dalam wortel mengandung vitamn A, C, K, B6, serat, tembaga, kalium dan folat. Semua kandungan nutrisi pada wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat mengembalikan hormone yang tidak seimbang.

Wortel selain kaya akan kandungan zat besi juga kaya vitamin, jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Jus wortel selain untuk menyehatkan tubuh juga dapat mempercantik kulit, Anda dapat mengkonsumsi jus wortel tanpa gula atau bisa menambahkan beberapa sendok madu ke dalam jus wortel.

  1. Lidah buaya

Mengalami nyeri perut atau kram memang sangat menyiksa, apa lagi jika sudah terjadi gejala seperti itu namun menstruasi tidak kunjung datang, hal itu disebabkan karena hormone di dalam tubuh mengalami peningkatan secara cepat. Untuk mengatasi masalah itu, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya yang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Cara mengkonsumsi lidah buaya sebagai cara mengatasi telat haid 1 minggu yaitu dengan memanfaatkan gel lidah buaya nya saja. Caranya ambil beberapa tangkai lidah buaya. kemudian cuci bersih dan keluarkan gel lidah buaya dengan menggunakan sendok kira-kira jumlahnya setengah gelas.

Kemudian masukkan ke dalam blender, cukup blender sebentar dan tuang di dalam gelas dengan menambahkan sedikit 2 sendok madu dan segera minum.

Gel lidah buaya mengandung banyak komponen seperti asam amino, asam salisilat, vitamin A,C, B12. Semua komponen yang terkandung dalam lidah buaya sangat baik untuk  menormalkan hormone dan baik untuk alat reproduksi kewanitaan agar bekerja secara normal dan menghaluskan kulit.

  1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar dan meredakan rasa nyeri perut saat haid. Yogurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan, meskipun rasanya yang manis dan sedikit asam. Saat ini sudah banyak sekali produk yogurt yang dijual di pasaran dengan varian rasa.

Jika Anda ingin membuat yogurt sendiri juga tidak sulit. Caranya, sediakan susu murni segar dan kemudian panaskan dengan suhu 73 derajad celcius dan masak selama kurang lebih 15 menit. Jika bibit yogurt tersebut sudah jadi, maka lakukan inkubasi atau hangatkan susu yang yang telah dikultur pada suhu udara 45 derajad celcius yang dibiarkan selama 8 jam.

Untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur, maka Anda dapat mengkonsumsi yogurt tersebut setiap hari. Cara mengatasi telat haid 1 minggu dengan mengkonsumsi yogurt tersebut akan terlihat hasilnya jika dilakukan secara rutin. Dengan berangsurnya waktu, maka siklus menstruasi Anda akan menjadi normal kembali.

  1. Buah Pepaya

Cara mengatasi telat haid 1 minggu yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah pepaya sangat baik untuk kesehatan, khususnya wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dapat mengembalikan hormon di dalam tubuh menjadi seimbang.

Buah pepaya mengandung papain yang mampu merangsang rahim untuk bekerja lebih baik, dan buah ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda, Dengan Anda mengkonsumsi buah pepaya akan membantu otot rahim untuk menerima rangsangan dengan lebih baik yang kemudian menjadikan menstruasi Anda lebih lancar. Karena buah pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin B, C, karoten, folay, serat, magnesium, kalium, tembaga dan asam pantotenan.

Kategori: Tips Sehat

caraherbalku

Sehatnya.net merupakan situs yang mengulas tentang informasi kesehatan baik memberikan tips dan cara aman untuk kesehatan dari bahan herbal alami.

2 Komentar

Tips Cerdas untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan - Informasi Kesehatan · Mei 13, 2019 pada 6:48 am

[…] Cara Mengatasi Telat Haid 1 Minggu Secara Alami dan Terbukti Ampuh […]

Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan Anda - Informasi Kesehatan · Mei 15, 2019 pada 4:25 am

[…] Baca juga : Cara Mengatasi Telat Haid 1 Minggu  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *