Cara Mencegah Penyakit Jantung

Dipublikasikan oleh caraherbalku pada

Cara Mencegah Penyakit Jantung! Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Indonesia terbanyak. Ada banyak hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

Menurut informasi terkini pada artikel ini akan membahas tentang cara mencegah penyakit jantung yang wajib Anda simak pada artikel ini. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Indonesia yang terbanyak dari semua penyakit. Ini juga merupakan penyebab utama kecacatan. Ada banyak hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mereka disebut faktor risiko. Beberapa dari mereka Anda tidak dapat mengendalikan, tetapi ada banyak yang dapat Anda kontrol. Mempelajari mereka dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Apa faktor risiko penyakit jantung yang tidak dapat Anda ubah?

Usia. Risiko penyakit jantung Anda meningkat seiring bertambahnya usia. Pria berusia 45 dan lebih tua dan wanita usia 55 dan lebih tua memiliki risiko lebih besar.

Jenis kelamin. Beberapa faktor risiko dapat memengaruhi risiko penyakit jantung secara berbeda pada wanita dibandingkan pada pria. Sebagai contoh, estrogen memberi perempuan perlindungan terhadap penyakit jantung, tetapi diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung lebih banyak pada wanita daripada pria.

Ras atau etnis. Kelompok tertentu memiliki risiko lebih tinggi daripada yang lain. Orang Amerika keturunan Afrika lebih mungkin menderita penyakit jantung daripada orang kulit putih, sedangkan orang Amerika keturunan Hispanik lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit jantung. Beberapa kelompok Asia, seperti orang Asia Timur, memiliki angka yang lebih rendah, tetapi orang Asia Selatan memiliki angka yang lebih tinggi.

Sejarah keluarga. Anda memiliki risiko lebih besar jika Anda memiliki anggota keluarga dekat yang memiliki penyakit jantung pada usia dini.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung?

Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi peluang terkena penyakit jantung:

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung ?

Kontrol tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur – setidaknya setahun sekali untuk kebanyakan orang dewasa, dan lebih sering jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Ambil langkah-langkah, termasuk perubahan gaya hidup, untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi.

Jaga kadar kolesterol dan trigliserida Anda terkendali. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat arteri Anda dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Perubahan gaya hidup dan obat – obatan (jika perlu) dapat menurunkan kolesterol Anda. Trigliserida adalah jenis lemak lain dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, terutama pada wanita.

Tetap dengan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini sebagian besar karena mereka terkait dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya, termasuk kolesterol darah tinggi dan kadar trigliserida, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Mengontrol berat badan Anda dapat menurunkan risiko ini.

Makanlah makanan yang sehat. Cobalah untuk membatasi lemak jenuh, makanan yang mengandung banyak sodium, dan menambahkan gula. Makan banyak buah segar, sayuran, dan biji-bijian. diet adalah contoh dari rencana makan yang dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dua hal yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Dapatkan olahraga teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk menguatkan hati Anda dan meningkatkan sirkulasi Anda. Ini juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Semua ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Batasi alkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Ini juga menambah kalori ekstra, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Keduanya meningkatkan risiko penyakit jantung. Pria seharusnya tidak lebih dari dua minuman beralkohol per hari, dan wanita tidak boleh minum lebih dari satu.

Apa Cara Mencegah Penyakit Jantung Terjitu?

Jangan merokok. Rokok merokok meningkatkan tekanan darah Anda dan menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi untuk serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, berhenti merokok akan menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik bagi Anda untuk berhenti.

Kelola stres. Stres terkait dengan penyakit jantung dalam banyak hal. Itu dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Stres yang ekstrem bisa menjadi “pemicu” serangan jantung. Juga, beberapa cara umum mengatasi stres, seperti makan berlebihan, minum banyak, dan merokok, buruk bagi jantung Anda. Beberapa cara untuk membantu mengelola stres Anda termasuk olahraga, mendengarkan musik, fokus pada sesuatu yang tenang atau damai, dan bermeditasi.

Kelola diabetes. Memiliki diabetes menggandakan risiko penyakit jantung diabetes Anda . Itu karena seiring waktu, gula darah tinggi dari diabetes dapat merusak pembuluh darah Anda dan saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah Anda. Jadi, penting untuk mendapatkan tes diabetes, dan jika Anda memilikinya, untuk mengendalikannya.

Pastikan Anda cukup tidur. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Ketiga hal itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur per malam. Pastikan Anda memiliki kebiasaan tidur yang baik . Jika Anda sering mengalami masalah tidur, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Satu masalah, sleep apnea , menyebabkan orang-orang berhenti bernafas sebentar selama tidur. Ini mengganggu kemampuan Anda untuk mendapatkan istirahat yang baik dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda pikir Anda mungkin memilikinya, tanyakan kepada dokter Anda tentang menjalani studi tidur. Dan jika Anda memang menderita sleep apnea, pastikan Anda mendapatkan perawatan untuk itu.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung Terbaik ?

Kiat-kiat berikut dapat membantu menurunkan detak jantung dalam jangka panjang:

  1. Olahraga:Cara termudah dan paling efektif untuk mencapai detak jantung yang lebih rendah adalah melakukan olahraga teratur.
  2. Tetap terhidrasi:Ketika tubuh mengalami dehidrasi, jantung harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan aliran darah. Sepanjang hari, minumlah banyak minuman bebas gula dan kafein, seperti air dan teh herbal.
  3. Batasi asupan stimulan, seperti kafein dan nikotin:Stimulan dapat menyebabkan dehidrasi , meningkatkan beban kerja jantung.
  4. Batasi asupan alkohol:Kebanyakan bentuk alkohol mengeringkan tubuh. Alkohol juga merupakan racun, dan tubuh harus bekerja lebih keras untuk memproses dan mengeluarkannya.
  5. Makan makanan yang sehat dan seimbang:Makan makanan yang bervariasi kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, serta kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga : Tips untuk Pola Makan Sehat Agar Tubuh Tetap Bugar

Nutrisi yang sehat untuk jantung meliputi:

  • asam lemak omega-3 , ditemukan pada ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan
  • fenol dan tanin, ditemukan dalam teh, kopi , dan anggur merah (tidak berlebihan)
  • vitamin A, ditemukan di sebagian besar sayuran hijau berdaun
  • serat makanan, ditemukan dalam biji-bijian utuh, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sebagian besar buah-buahan dan sayuran
  • vitamin C, ditemukan terutama pada buah jeruk dan sayuran berdaun hijau

Itulah beberapa ulasan tentang cara mencegah penyakit jantung yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan mencobanya.

Kategori: Tips Sehat

caraherbalku

Sehatnya.net merupakan situs yang mengulas tentang informasi kesehatan baik memberikan tips dan cara aman untuk kesehatan dari bahan herbal alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *